Berita

Ketua DPD RI Optimis UMKM NTT Ikut Terangkat di Exotic Tenun Fest 2021

Zaki Prananda
25/03/2021, 13:56 WIB
Last Updated 2021-04-03T17:53:12Z

KUPANG
- Untuk pertama kalinya, event Exotic Tenun Fest 2021 meluncur di Nusa Tenggara Timur. Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, memberikan dukungan untuk event yang berlangsung Senin (22/3) hingga Rabu (24/3) kemarin. Ia optimis Exotic Tenun Fest 2021 bisa mengangkat UMKM NTT.

Exotic Tenun Fest 2021 adalah preliminary event untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Labuan Bajo, Juni 2021. 

Event ini akan melibatkan sekitar 960 produk tenun ikat, bersama produk turunannya, karya penenun dari UMKM di NTT. Pada saat penutupan, tercatat total nilai transaksi sebesar Rp. 1,3 milyar. 

Tenun-tenun tersebut dipajang secara virtual melalui e-catalog selama kegiatan dan dapat diakses melalui situs  www.exotictenunfest.com. Bank Indonesia (BI) perwakilan NTT menargetkan Rp 1 miliar sampai Rp 1,5 miliar dari kegiatan ini.

"Kita sangat mendukung Exotic Tenun Fest 2021 di NTT. Apalagi tujuannya untuk mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam pemulihan ekonomi, serta mendukung pengembangan tenun ikat melalui digitalisasi promosi dan sistem pembayaran," tutur LaNyalla, Kamis (25/3/2021). 

Senator asal Jawa Timur itu juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan produktivitas tenun di NTT, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

"Tenun khas NTT sangat unik dan exotic. Jika pasar dibuka lebar-lebar, dapat dipastikan peminat kain tenun ikat NTT akan tinggi," katanya. 

LaNyalla menilai permasalahan yang selama ini terjadi adalah kurangnya promosi. Sehingga, masyarakat Indonesia kurang mengenal keunikan kain tenun NTT. 

"Digitalisasi yang diterapkan dalam Exotic Tenun Fest 2021 merupakan langkah awal yang positif. Para perajin dapat memanfaatkan event ini sebaik-baiknya untuk menghidupkan roda ekonomi," ujarnya.