Tangkap Pelaku Pembacokan Arpan Panjaitan Kuasa Hukum Apresiasi Kinerja Polres Sibolga

Zaki Prananda
30/08/2021, 19:38 WIB
Last Updated 2021-08-30T12:38:41Z
MEDAN
- Joko Pranata Situmeang, selaku kuasa hukum korban pembacokan Arpan Panjaitan, menyampaikan apresiasi atas kinerja Polres Sibolga yang telah berhasil menangkap pelakunya berinisial REC dan AYT.

"Sungguh luar biasa kinerja Polres Sibolga. Saya sangat mengapresiasi kinerja yang penuh tantangan ini. Berdasarkan keterangan yang kami peroleh dari penyidik, terduga REC sudah ditahan di Polres Sibolga," ucap Joko kepada wartawan, Senin (30/8/2021).

Apresiasi itu disampaikan Joko karena kasus pembacokan Arpan Panjaitan baru terungkap setelah delapan bulan berlalu. Masyarakat sempat pesimis karena beberapa kasus di Sibolga, Tapanuli Tengah (Tapteng) tidak terungkap pelakunya hingga saat ini.

Seperti, pembakaran mobil dan penyiraman air keras terhadap charles pardede, penculikan Ametro dan pemukulan terhadap Prins Walles Tambunan.

"Namun, pada Kamis tanggal 26 Agustus 2021, Polres Sibolga berhasil menangkap pelaku pembacokan terhadap Arpan Panjaitan, yakni terduga REC dan AYT, warga Pasar Belakang Sibolga," sebut Joko. 

Menurut dia, salah satu terduga AYT dijamini oknum DPRD kota Sibolga sehingga tidak ditahan. Namun, itu disesalkan karena membuat AYT merasa kebal hukum.

"Dijaminnya AYT menimbulkan pertanyaan bagi kami, ada apa oknum DPRD Sibolga melibatkan diri dalam perkara ini. Bagaimana kalau terduga AYT melarikan diri, apa oknum DPRD itu siap mengganti posisi terduga AYT," kesalnya.

Dia menyebutkan, fakta yang tidak terbantahkan adalah pembacokan terhadap Arpan Panjaitan diawali percekcokan dengan Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng), di Matahari kafe dan Resto, Jalan Ahmad Yani, Kota Sibolga.

Dia meminta, pihak berwajib dapat segera menangkap aktor intelektual kasus ini.

"Karena itu, kami mendesak agar Polres Sibolga mengejar terus aktor intelektual di balik kasus ini. Kami akan menyurati Kapolda Sumatera Utara, Bapak Panca Simanjuntak agar mengerahkan  jajaran Polda Sumatera Utara untuk menangkap Aktor Intelektual dibalik kasus ini," pungkasnya.

Menanggapi apresiasi yang disampaikan kuasa hukum Arpan Panjaitan, Joko Prana Situmenang, Kapolres Sibolga, AKBP Taryono Raharja, SH, SIk, mengucapkan terima kasih.

Dia bertekad akan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama mengabdi sebagai anggota Polri, terutama dalam penegakan hukum.

"Terima kasih atas apresiasinya. Sudah tugas kita untuk mengungkap setiap laporan tindak kejahatan, tanpa pandang bulu. Saya akan terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat," ucap Taryono.

TrendingMore